Orang-orang memiliki kesalahpahaman umum bahwa setelah Anda lulus akan ada pekerjaan yang menunggu Anda. Sayangnya, bukan itu masalahnya. Untuk mendapatkan pekerjaan yang menarik minat Anda, pertama-tama Anda harus melihat lowongan untuk mengetahui siapa yang mempekerjakan dan kemudian bertanya pada diri sendiri apakah Anda memiliki keterampilan untuk memenuhi persyaratan pekerjaan atau tidak. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

1. Kecuali jika Anda melamar pekerjaan di McDonald’s, pewawancara akan terkesan jika Anda tahu sedikit tentang perusahaan tempat Anda melamar. Melatih karyawan baru saja sudah cukup sulit, apalagi melatih karyawan yang tidak tahu apa-apa tentang pekerjaan itu. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar, Anda akan menonjol dari pelamar lainnya. Pastikan bahwa Anda memiliki beberapa keahlian untuk pekerjaan yang Anda lamar, inilah yang kemungkinan besar akan Anda kembalikan dari awal.

2. Ada beberapa keahlian umum yang diperlukan di pasar kerja saat ini. Beberapa persyaratan pekerjaan paling dasar adalah pengetahuan tentang Microsoft Word dan Excel. Kemampuan untuk meneliti fakta secara online merupakan aset bagi banyak perusahaan. Keterampilan layanan pelanggan juga merupakan sesuatu yang dicari oleh banyak manajer perekrutan. Jika Anda tahu cara berbicara dengan hormat dan ceria kepada klien melalui telepon, Anda akan menjadi aset bagi perusahaan mana pun. Beberapa pekerjaan memerlukan keahlian dan pengetahuan tertentu tentang program tertentu. Misalnya, desainer grafis dan pengembang web sering kali harus menggunakan Dreamweaver untuk melakukan perdagangan mereka. Jika Anda menggunakan dan memiliki pengetahuan tentang berbagai program ini, pastikan untuk memasukkannya ke dalam resume Anda dan menyebutkannya dalam wawancara.

3. Meskipun tampaknya masuk akal, kemampuan untuk bernalar melalui suatu masalah adalah kualitas yang sangat diminati. Perusahaan mencari orang yang dapat mengambil situasi dunia nyata dan menghasilkan solusi yang masuk akal dengan berpikir secara logis dan kritis. Perguruan tinggi bahkan menawarkan kursus tentang pemikiran kritis dan logika. Meskipun penting untuk mengetahui bagaimana mengikuti arahan dan melakukan apa yang diperintahkan, bahkan lebih penting untuk dapat berpikir di luar kotak dan menghasilkan ide-ide inovatif yang dapat mendorong sistem ke depan.

4. Menjadi inovator dan berpikir kreatif berjalan beriringan. Kreativitas melampaui bidang seni dan dapat menjadi aset untuk bidang apa pun. Ketika kita melakukan hal-hal dengan cara yang sama, seringkali kita mendapatkan hasil yang sama. Tetapi jika seseorang mampu melihat situasi secara berbeda dan menghasilkan solusi kreatif, hasil yang berbeda mungkin akan muncul. Kemampuan untuk berpikir secara berbeda bermanfaat untuk bidang apa pun.

5. Apakah Anda berurusan dengan pelanggan, sesama karyawan, atau atasan Anda, Anda harus tahu cara bergaul dengan orang lain. Tidak ada orang yang menjadi perusahaan sendirian. Untuk menjalankan bisnis yang efektif, Anda harus bergantung pada orang lain. Karena setiap bisnis mengharuskan Anda bekerja dengan orang lain, Anda harus tahu bagaimana bersikap hormat dan sabar. Kompromi adalah kata hari ketika bekerja dengan orang lain. Jika Anda termasuk orang yang merasa tidak nyaman saat berbicara dengan orang lain, berlatihlah di rumah di depan cermin. Ingat, kesan pertama sangat berarti saat Anda mencari pekerjaan. Cara Anda berkomunikasi dengan orang lain menunjukkan banyak hal tentang Anda dan kemampuan Anda untuk bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan bersama.

Jika Anda mencari informasi tentang lowongan kerja, segera kunjungi informasi lowongan kerja yang menyediakan banyak informasi lowongan pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *