Toyota Fortuner sepertinya sudah mempunyai tempat tersendiri di hati para peminatnya. Mobil bertipe SUV ini merupakan salah satu pilihan yang paling tepat di kelasnya. Bermodalkan bodi yang cukup besar dan didukung dengan performa mesin yang mumpuni, sangat layak jika mobil ini mendapatkan julukan “Badak”.

Selain itu, Toyota Fortuner juga memiliki daya tampung yang cukup lega dan bisa memuat hingga 7 orang penumpang. Melakukan perjalanan panjang juga tidak akan terlalu menjadi masalah karena mobil ini dibekali dengan jok yang sangat nyaman. Inilah beberapa alasan kenapa mobil ini benar-benar memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, khususnya di pasar Indonesia.

Namun, di samping fitur dan berbagai kelebihannya, bagi sebagian orang harga yang dibanderol tidaklah murah. Oleh karena itu, beberapa dari mereka memutuskan untuk membeli Fortuner bekas. Jika Anda juga sedang mencari Toyota Fortuner bekas, Anda bisa menggunakan tips berikut ini agar bisa mendapatkan Fortuner dengan harga miring namun kualitasnya tetap masih bagus.

Tips Membeli Toyota Fortuner Bekas

  1. Mengecek kondisi mesin

Hal pertama dan wajib Anda periksa ketika hendak membeli Fortuner bekas adalah kondisi mesinnya. Mesin adalah komponen utama dan sangat vital untuk sebuah kendaraan. Oleh karena itu, selalu prioritaskan kondisi mesin di atas segalanya. Jangan sampai Anda menomorduakan hal ini dan berakhir dengan penyesalan ketika sudah membelinya.

Coba periksa bagian mesin untuk mengetahui apakah perawatan mesin selama ini sudah sesuai atau tidak. Periksa juga apakah ada kebocoran oli. Agar proses pemeriksaan mesin lebih mudah, Anda bisa menanyakan tentang catatan resmi dari Toyota. Pemilik yang merawat mobil dengan baik pasti sudah memiliki dokumen servis yang lengkap.

Selain itu, periksa juga bagian knalpot. Apabila ketika mesin dinyalakan lubang gasnya mengeluarkan asap yang berlebih, itu artinya ada yang tidak beres pada sistem pembakarannya. Jika Anda sudah terbiasa dan sangat mengenal mobil Fortuner, Anda pasti akan langsung mengetahui kondisinya hanya dengan mendengarkan suara mesin yang dihasilkan.

  1. Mengecek bagian kaki-kaki

Setelah kondisi mesin, hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi kaki-kaki mobil. Seperti kita ketahui, Fortuner mempunyai ukuran yang cenderung besar dan terkenal akan kemampuannya berkendara di medan berat. Akibatnya, tidak sedikit penggunanya yang senang mengendarai di medan-medan yang buruk.

Oleh karena itu, pengecekan kaki-kaki wajib dilakukan. Jangan sampai Anda lupa memeriksanya dan ketika sudah telanjur membeli, Anda baru mendapati bahwa kondisi kaki-kaki mobil tersebut tidak dalam kondisi yang baik. Beberapa komponen yang harus diperiksa adalah shock breaker dan semua joint. Hal ini sangat penting karena jika ada kerusakan, biaya untuk memperbaikinya juga tidak sedikit.

  1. Mengecek eksterior dan interior

Setelah kedua hal penting di atas, barulah Anda bisa memulai untuk memeriksa hal lain seperti kondisi eksterior dan interior mobil. Fortuner memiliki bodi yang rawat lecet karena ukurannya yang cukup besar. Periksa kondisi ini dengan teliti. Jika Anda adalah seseorang yang sangat memperhatikan penampilan, hal ini tidak boleh Anda lewatkan. Jangan sampai ketika sudah membeli Anda baru tahu bahwa ada cat yang terkelupas atau tergores.

Tidak hanya di bagian luar, perhatikan juga bagian interiornya seperti kondisi jok, dashboard, dan fitur-fitur lain. Jangan ragu untuk mengecek seluruh fitur seperti pemutar musik, AC, pembuka kaca, dan sebagainya untuk memastikan bahwa semua fungsi tersebut tidak ada masalah. Jika ada kerusakan, pertimbangkan matang-matang apakah Anda yakin akan membeli mobil tersebut.

  1. Memperkirakan biaya pajak

Terakhir, Anda tidak boleh mengabaikan soal hal ini. Pajak adalah kewajiban yang harus Anda penuhi sebagai pemilik kendaraan bermotor. Tanyakan apakah mobil tersebut tidak ada masalah dalam pembayaran pajak seperti tunggakan dan sebagainya. Hal ini harus Anda perhitungkan karena pajak yang mati atau telat akan sangat memakan biaya.

Beberapa cara di atas memang sederhana namun juga harus dilakukan dengan sangat teliti. Akan lebih baik jika Anda mengajak teman yang sudah mengetahui otomotif untuk membantu Anda dalam melakukan pengecekan karena mungkin Anda melewatkan satu hal dan teman Anda bisa melihatnya. Dengan begitu, mobil Fortuner bekas yang Anda beli memiliki kondisi yang baik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *