Rayap – kutukan bagi keberadaan pemilik rumah – terkenal karena kemampuannya mengubah struktur kayu yang kuat dan sehat menjadi alasan lemah untuk tiang penyangga beban. Beberapa hama menyerang ketakutan di hati pemilik rumah seperti yang dilakukan rayap; kerusakan yang ditimbulkannya bisa sangat besar dan mahal.

Untuk melindungi rumah Anda dari serangan rayap, Anda harus mengenal musuh Anda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang rayap dan pencegahan hama:

Jenis Rayap

Rayap datang dalam beberapa varietas, dan pengendalian hama yang tepat membutuhkan identifikasi jenis hama yang Anda hadapi serta memahami perilakunya.

Rayap kayu basah: Rayap kayu basah adalah jenis ganas yang memakan rumah kayu, tunggul dan pohon tumbang. Jenis rayap ini umum ditemukan di daerah yang memiliki suplai kelembapan konstan, seperti pipa bocor, karena mereka lebih menyukai kayu lembap dengan kadar air yang memadai. Panjangnya mencapai satu inci dengan sayap terbentang dan memiliki penampilan coklat muda – meskipun kelas pekerja lebih kecil, tidak bersayap dan berwarna putih.

Rayap kayu basah dapat dikenali dari pola yang mereka tinggalkan di kayu saat makan – mereka selalu makan melintasi butiran. Mereka membuat sederet ruangan yang dihubungkan terowongan dengan dinding halus yang tampak seperti amplas. Tidak ada jejak tanah di galeri, meski kondisi kering akan menyebabkan pelet tinja menumpuk di dinding dan terlihat seperti kotoran.

Rayap tanah: Pengacau kecil yang jahat ini ukurannya jauh lebih kecil daripada rayap kayu lembap, dengan warna yang lebih gelap sehingga sering disalahartikan sebagai semut. (Cara terbaik untuk membedakannya adalah dengan melihat pinggangnya – jika tidak ada, itu rayap.) Para pekerja di kelompok itu ditandai dengan penampilan putih keabu-abuan mereka. Rayap tanah menggali sarangnya di bawah tanah sedalam sepuluh hingga dua puluh kaki. Mereka biasanya ditemukan berkerumun selama musim semi atau musim gugur, tergantung lokasi Anda.

Rayap tanah adalah hama perusak kayu paling merusak di Amerika Serikat. Mereka menyebabkan lebih dari $ 2 miliar kerusakan setiap tahun saja – lebih dari kerusakan properti yang disebabkan oleh kebakaran dan badai angin yang digabungkan. Orang yang tinggal di Texas harus sangat waspada terhadap hama ini.

Rayap kayu kering: Rayap kayu kering memberi makan dan bersarang di kayu yang tidak lapuk, tanpa perlu kelembapan atau tanah. Ini adalah jenis rayap yang menyebabkan kerusakan pada benda-benda kayu di rumah, seperti sofa baru yang baru saja Anda beli dari IKEA. Rayap kayu kering adalah yang paling rahasia dari semua rayap, yang membuatnya sangat sulit untuk dideteksi dan disingkirkan. Mereka tinggal jauh di dalam hutan dan, kecuali saat berkerumun, jarang terlihat.

Kerusakan yang ditinggalkan rayap kayu kering disebabkan oleh pembuatan terowongan untuk memperbesar koloninya. Rayap kayu kering memotong serat kayu, membuat struktur internal kayu menjadi lemah dan menyebabkan integritas kayu terganggu. Kerusakan rayap kayu kering berlangsung lebih lambat dibandingkan kerusakan rayap tanah, namun kesulitan dalam mendeteksinya menyebabkan kerusakan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama. Pada saat hama ini ditemukan, maka struktur kayunya cenderung terlambat.

Pencegahan dan Pengendalian Hama Rayap

Satu koloni rayap dapat mencakup ratusan ribu serangga dan dapat mengonsumsi lebih dari dua kaki linear pinus berukuran 2×4 per tahun, sepenuhnya tanpa sepengetahuan Anda. Cara terbaik untuk mencegah rayap menyebabkan kerusakan struktural pada rumah Anda adalah bersikap proaktif tentang pencegahan hama. Praktikkan teknik pengendalian hama berikut untuk mencegah rayap:

– Hilangkan sumber air mereka dengan mengidentifikasi dan memperbaiki semua kebocoran air di rumah Anda. Singkirkan genangan atau genangan air di sekitar rumah Anda, dan jaga kebersihan talang dan saluran air untuk mencegah kebocoran.
– Survei area langsung di sekitar rumah Anda. Singkirkan semua tumbuhan lebat, jangan letakkan mulsa di dekat rumah Anda, dan jangan menumpuk kayu bakar atau bahan bangunan berlebih di dekat dinding eksterior Anda, karena ini dapat menciptakan kondisi yang ideal untuk rayap.
– Gunakan kayu bertekanan untuk semua struktur yang bersentuhan langsung dengan tanah, seperti dek, teras, dan pagar.
– Singkirkan semua pohon mati atau tunggul di halaman Anda, karena dapat menarik rayap.
– Tutup semua retakan di fondasi rumah Anda.
– Pastikan ventilasi yang baik di rumah Anda, loteng, dan area ruang merangkak, karena ini dapat membantu mencegah kelembaban menumpuk.

Perusahaan pengendalian hama yang berkualifikasi seperti jasa anti rayap bandung dapat membantu Anda merumuskan strategi pencegahan hama rayap yang efektif. Sebaiknya Anda juga meminta perusahaan pengendali hama untuk setiap tahun memeriksa rumah Anda dari kerusakan akibat rayap. Jika tertangkap lebih awal, rayap bisa dibasmi sebelum menghancurkan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *