Memastikan Anda mengganti filter AC secara teratur adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk membantu menjaga sistem AC Anda dalam kondisi kinerja puncak. Debu di rumah Anda terdiri dari segala sesuatu mulai dari spora tumbuhan, serbuk sari, dan segala macam bakteri.

Karena sering kali tidak terlihat, kami tidak memikirkan betapa pentingnya hal itu, tetapi filter pada AC kami adalah komponen kunci untuk menyalurkan udara bersih dan segar ke rumah kami. Filter AC yang kotor tidak hanya membatasi aliran udara, tetapi juga mengurangi efisiensi unit Anda. Berikut ini beberapa tip cepat untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan penggunaan terbaik dari filter Anda.

Seberapa Sering Harus Diganti?

Seberapa sering filter perlu diganti sangat bergantung pada tempat Anda tinggal dan seberapa banyak Anda menggunakan AC Anda. Minimal filter harus diganti setiap tiga bulan untuk menjaga kualitas udara di rumah Anda.

Tetapi banyak hal tergantung pada udara yang disirkulasi ulang melalui sistem Anda. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda atau anggota keluarga Anda menderita alergi atau bahkan jika Anda sangat suka memasak, Anda mungkin perlu menyesuaikan frekuensi penggantian filter agar filter Anda tetap bersih dan berfungsi.

Filter AC dirancang untuk menjebak partikel yang berukuran mulai dari yang terlihat hingga mikroskopis. Dan partikel mikroskopis inilah yang menyusun jumlah puing terbesar yang bersirkulasi di udara rumah Anda. Menurut EPA, area dalam ruangan bisa 2 hingga 5 kali lebih tercemar daripada udara luar.

Mengapa Perlu Mengganti

Menghirup udara kotor tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan keluarga, filter yang kotor akan menyebabkan sistem HVAC Anda menjadi kurang efisien dan biaya utilitas limbah.

Mengganti filter Anda secara teratur menjamin bahwa Anda akan mengurangi tekanan pada sistem AC Anda dan oleh karena itu kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan yang mahal. Intinya adalah semakin kotor filter, semakin sulit unit AC Anda bekerja untuk mengalirkan udara melaluinya.

Filter Anda akan terisi seiring waktu dengan partikel kotoran yang dikeluarkan dari udara Anda. Saat filter tersumbat, AC perlu bekerja lebih keras saat menarik udara masuk.

Cara Mengganti Filter

Filter cukup mudah untuk diganti dan biasanya dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keterampilan mekanis yang biasa-biasa saja. Pertama, Anda perlu menemukan filter AC Anda. Beberapa sistem HVAC memiliki filter untuk udara masuk dan keluar dan keduanya harus diganti pada saat yang bersamaan. Setelah ditemukan, keluarkan dari tempatnya.

Pastikan Anda mencatat arah aliran udara ke dalam filter sehingga saat Anda menggantinya, filter baru akan menghadap ke arah yang sama. Ukur filter dengan hati-hati. Anda akan membutuhkan lebar, panjang, dan kedalaman saat Anda membeli filter baru.

Jika Anda memiliki akses ke spesifikasi pada unit AC Anda, Anda biasanya dapat menemukan ukuran dan jenis filter yang paling sesuai dengan unit Anda. Beli filter AC paling efisien yang akan bekerja dengan unit Anda. Filter tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe dari berbagai produsen.

Setelah Anda menemukan filter AC pengganti yang benar, pastikan untuk menggunakan spidol untuk mengetahui tanggalnya dan letakkan panah di sepanjang tepi untuk menunjukkan ke arah mana aliran udara harus mengalir. Kemudian cukup instal filternya, jika Anda tidak dapat melakukan pergantian filter AC sendiri, Anda dapat memanggil jasa profesional Service AC Batam.

Kesimpulan

Sebaiknya tautkan penggantian filter Anda ke waktu tertentu dalam setahun sehingga Anda tidak lupa mengubahnya secara tidak sengaja. Satu ide bagus akan muncul di awal setiap musim. Bergantung pada penggunaan Anda, Anda juga dapat mengubahnya ketika waktu berubah.

Tidak peduli bagaimana Anda mengingatnya, mengganti filter Anda secara teratur akan membantu memastikan bahwa unit HVAC Anda bekerja dengan efisiensi optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *