Polisi Haryana juga telah memulihkan dan mengembalikan lebih dari Rs. 15 crore uang ditipu untuk para korban, kata Direktur Jenderal Polisi Tambahan.

Sekitar 28.000 nomor ponsel yang disalahgunakan untuk melakukan kejahatan dunia maya berita teknologi telah diidentifikasi dan akan segera diblokir, kata seorang perwira senior Polisi Haryana, Kamis.

27.824 nomor telepon diidentifikasi melalui nomor telepon bantuan kejahatan dunia maya 1930 dan portal pengaduan cybercrime.gov.in, kata Direktur Jenderal Polisi (Kejahatan) Tambahan OP Singh.

Rincian nomor-nomor ini telah dikirim ke unit lapangan untuk diunggah ke portal CyberSafe yang dioperasikan oleh Pusat Koordinasi Kejahatan Dunia Maya India di bawah kementerian dalam negeri Union untuk memblokirnya, kata perwira polisi senior itu.

Menurut Singh, Gurugram (7.142), Faridabad (3.896), Panchkula (1.420), Sonipat (1.408), Rohtak (1.045), Hisar (1.228) dan Ambala (1.101) termasuk di antara distrik dengan jumlah maksimum nomor ponsel yang digunakan . karena melakukan kejahatan dunia maya.

Dalam komunikasi kepada semua petugas nodal distrik untuk kejahatan dunia maya, Singh mendesak mereka untuk mengunggah nomor ponsel yang disalahgunakan untuk melakukan kejahatan dunia maya di portal CyberSafe.

Unit lapangan juga telah dipanggil untuk “melakukan analisis keterkaitan IMEI melalui handset seluler yang digunakan untuk mengoperasikan nomor-nomor ini, mencari tahu nomor ponsel lain yang digunakan oleh handset dan mengunggah nomor-nomor ini di CyberSafe untuk diblokir oleh Departemen Telekomunikasi. “.

Secara kumulatif, lebih dari 47.000 pengaduan kejahatan dunia maya hingga September tahun ini telah dilaporkan di saluran bantuan nomor 1930 dan 29 kantor polisi dunia maya, dan 309 meja maya di kantor polisi teritorial di seluruh negara bagian.

Polisi juga telah menemukan dan mengembalikan lebih dari Rs. 15 crore uang ditipu untuk para korban, kata Singh.

Oktober diperingati sebagai bulan Keamanan Siber Nasional, katanya.

Untuk menyebarkan kesadaran tentang kiat-kiat keamanan siber seperti mengenali dan melaporkan phishing, menggunakan kata sandi yang kuat, memperbarui perangkat lunak, menggunakan otentikasi multi-faktor dan melaporkan penipuan dan pelecehan dunia maya, Kepolisian Haryana mulai 1-25 Oktober menyelenggarakan 2.526 program pelibatan massal yang menarik 19,7 lakh orang. .

Melalui media sosial, Polisi Haryana menjangkau 26,7 lakh orang lainnya, sehingga total menjadi 46,4 lakh, yang merupakan satu dari lima orang yang tinggal di negara bagian itu, kata Singh.

“Kami yakin untuk melewati batas 50 lakh dalam empat hari tersisa. Kesadaran yang meningkat yang dihasilkan adalah menemukan refleksi dalam peningkatan jumlah pelaporan kejahatan dunia maya per hari hingga 1930,” kata Singh.

KOMENTAR
Untuk berita dan ulasan teknologi terbaru , ikuti Gadget 360 di Twitter , Facebook , dan Google News . Untuk video terbaru tentang gadget dan teknologi, berlangganan saluran YouTube kami .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *