APA ITU PONDASI BORE PILE? SOLUSI GEDUNG DI LAHAN SEMPIT, Pernahkah Anda mendengar pondasi bore pile? Pondasi yang sesuai untuk bangunan di lahan sempit. Ketahui semua yang wajib Anda jelas di sini!

Apa itu Pondasi Bore Pile?
pondasi bore pile

Pondasi Bore Pile adalah model pondasi yang mengfungsikan tabung silinder panjang terbuat berasal dari tulang beton yang ditanamkan ke di dalam tanah.

Hal ini dijalankan serupa bersama dengan faedah pondasi pada umumnya, yakni untuk mengalirkan beban bangunan ke di dalam susunan tanah yang lebih keras Strauss Pile Makassar .

Perbedaannya hanya terdapat pada langkah pengerjaanya. Dalam pemasangan tiang pondasi, pada mulanya udah dibikin terlebih dahulu lubang-lubang bersama dengan kedalaman khusus mengfungsikan alat bor.

Baca Juga : Mengenal Pondasi Tapak dan Keunggulannya

Kedalaman yang dianjurkan disaat mengfungsikan pondasi ini adalah disaat ditemukan pada tanah keras kira-kira 10-20 meter.

Pondasi Bore Pile digemari penggunaanya dikarenakan mampu digunakan pada wilayah yang sempit atau bangunan yang terdapat di kawasan padat penduduk.

Ini dikarenakan teknin Bore Pile tidak perlu pergerakan / pengerukan tanah yang memakan banyak tempat.

Selain itu, solusi untuk pondasi lahan sempit, bore pile termasuk digunakan sebagai alternatif terkecuali suatu konstruksi yang perlu pondasi, tidak mampu menerapkan pondasi tiang pancang.

Kelebihan Pondasi Bore Pile
pondasi bore pile

Kelebihan berasal dari Pondasi Bore Pile yang Anda wajib ketahui adalah sebagai berikut:

Cocok untuk konstruksi yang dibangun di daerah sempit atau terdapat bangunan di sekitarnya.

Pondasi punyai tingkat kedalaman yang mampu beragam

Mampu mengatasi atau meminimalisir geseran tanah pada rangka pondasi itu sendiri

Tidak terbujuk bersama dengan suasana tanah baik kering maupun tanah lempung.

Ketahanannya pada beban lateral terlalu tinggi.

Kekurangan Pondasi Bore Pile
Selain punyai banyak kelebihan, Pondasi Bore Pile termasuk ternyata punyai lebih dari satu kekurangan yang wajib Anda ketahui:

Keadaan cuaca yang tidak cukup menolong terlalu memengaruhi proses pembuatan pondasi.

Kepadatan tanah, terlebih pada tanah yang berpasir, mengalami penurunan saat proses pengeboran

Dapat mengakibatkan tanah runtuh (ground loss) disaat proses pengeboran.

Timbunan lumpur sering ditemukan di kedalaman tanah dan memengaruhi kebolehan tiang pendukung

Memerlukan banyak beton tulang di dalam pengerjaannya.

Jenis Pondasi Bored Pile
Dalam proses pembuatan pondasi bored pile, terdapat lebih dari satu model yang tidak sama terkecuali dilihat berasal dari proses pembuatannya. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

1. Strauss Pile Atau Bore Pile Manual

Strauss pile adalah teknik pembuatan bore pile yang dijalankan bersama dengan tenaga manusia sebagai penggerak alat bor.

Metode model ini umumnya dijalankan pada tanah yang kering. Selain itu, metode ini lumayan praktis dikarenakan tidak mengakibatkan polusi atau nada bising berasal dari mesin yang mengganggu.

Tentunya metode ini terbatas pada saat pengerjaan yang lebih lama dan tingkat kedalaman yang terbatas.

2. Bore Pile Mini Crane

Sesuai namanya, metode pembuatan bore pile ini mengfungsikan alat mini crane.

Berbeda bersama dengan Strauss pile, penggunaan mini crane perlu air yang lumayan banyak di dalam proses pengeborannya dikarenakan mengfungsikan teknik bor basah.

Bore Pile Mini Crane punyai ragam variasi diameter pondasi yang mampu digunakan yakni berdiameter berasal dari 30 cm sampai 80 cm.

3. Bored Pile Gawangan

Bored Pile Gawangan adalah metode pembuatan pondasi bore pile yang mengfungsikan alat gawangan. Alat gawangan sendiri bekerja serupa bersama dengan alat mini crane yakni mengfungsikan air yang lumayan banyak.

Perbedaanya adalah lubang yang dihasilkan gawangan berdiameter lebih besar dibanding mini crane.

Perbedaan lainnya yang lebih drastis adalah penggunaan tambang pada tiang gearbox dan sasis mesin di sisi kiri dan kanannya.

Penggunaan tambang ini bertujuan untuk memelihara keseimbangan alat selama proses pengeboran dan supaya tidak melenceng ke arah lainnya

Bore Pile Gawangan lumayan tenar dikarenakan kemudahan alatnya yang mampu dirangkai dan dibongkar supaya memudahkan pengerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *