Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia 2021

Indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Lantas provinsi mana saja penyumbang jumlah memproduksi kelapa sawit terbesar di Indonesia?.

Indonesia merupakan keliru satu penghasil kelapa sawit di dunia sekaligus merupakan konsumen terbesar dari kelapa sawit dan product turunannya. Komoditas satu ini jadi andalan bagi penghasilan nasional dan devisa negara.

Iklim tropis yang dimiliki Indonesia mendukung budidaya kelapa sawit. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memproduksi total 46,22 juta ton kelapa sawit sepanjang th. 2021. Raihan ini mengalami penurunan sebesar 4,3 prosen dibandingkan th. di awalnya yakni sebesar 48,3 juta ton pada th. 2020.

Riau tempati peringkat pertama provinsi dengan memproduksi kelapa sawit terbesar di Indonesia pada th. 2021 dengan total memproduksi 8,63 juta ton kelapa sawit, menyumbang 18,67 prosen total memproduksi kelapa sawit nasional palm kernel expeller indonesia .

Riau secara berkesinambungan menjaga posisinya sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia didalam kurun pas lebih dari 1 dekade. Adapun pada th. 2020 memproduksi kelapa sawit di Riau capai 9,98 juta ton.

Kalimantan Tengah berada di posisi ke dua dengan total memproduksi kelapa sawit sebesar 8,6 juta ton kelapa sawit. Kalimantan Barat menyusul di posisi ke-3 dengan total 5,84 juta ton memproduksi kelapa sawit sepanjang 2021.

Beralih ke Sumatra Utara di posisi ke-4 penghasil kelapa sawit terbesar dengan total memproduksi 5,31 juta ton kelapa sawit dan ulang ke Kalimantan Timur di posisi ke-5 dengan total memproduksi sebesar 3,81 juta ton.

Secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-10 provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia pada th. 2021 ialah Sumatra Selatan (3,06 juta ton), Jambi (2,58 juta ton), Sumatra Barat (1,35 juta ton), Kalimantan Selatan (1,21 juta ton), dan Bengkulu (1,15 juta ton).

Gorontalo jadi provinsi penghasil kelapa sawit paling sedikit dengan total 6,5 ribu ton, disusul Kepulauan Riau di posisi seterusnya dengan 18 ribu ton dan Maluku dengan 22,5 ribu ton memproduksi kelapa sawit sepanjang th. 2021.

Di segi lain, terdapat sebagian provinsi yang tidak memproduksi kelapa sawit di antaranya ialah DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *