Tips Liburan ke Jogja bagi Pemula agar Tetap Hemat dan Nyaman

Jogja menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer di Indonesia. Tidak hanya karena tempat wisatanya saja, tapi juga karena budayanya.

Suasana Jogja memang sangat khas dan tidak bisa kamu temukan di kota-kota lainnya. Kamu yang mempunyai hobi yang traveling, wajib memasukkan kota ini ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi.

Namun sebelum liburan ke Jogja, kamu wajib mempersiapkan beberapa hal, apalagi jika kamu baru pertama ke Jogja. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburan pertamamu di Jogja berkesan.

Baca juga: 7 Wisata Jogja Hits untuk Liburan Keluarga Seru

Ada beberapa tips liburan ke Jogja untuk pemula yang bisa kamu terapkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya tips liburan murah di jogja .

1. Pilih Waktu yang Tepat agar Liburan Nyaman dan Seru

Karena menjadi salah satu kota tujuan populer untuk liburan, sudah pasti Jogja akan sangat padat pada saat musim liburan. Bagi kamu yang baru pertama kali liburan ke Jogja, ada baiknya untuk menghindari waktu-waktu ini. Sebaiknya pilih waktu yang agak longgar atau bukan musim liburan.

Liburan di luar musim liburan di Jogja akan sangat menyenangkan. Kamu bisa bebas berkeliling Jogja tanpa takut terjebak macet ataupun kepadatan kerumunan.

Selain itu, liburan di luar high season juga bisa membuatmu lebih hemat. Hal ini karena harga tiket dan hotel jauh lebih murah daripada saat musim liburan.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips liburan ke Jogja agar lebih hemat yang selanjutnya adalah memesan tiket jauh-jauh hari. Ini artinya kamu harus merencanakannya jauh-jauh hari atau minimal 1 bulan sebelumnya paket tour yogyakarta .

Membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan memang lebih murah. Hal ini tentu bisa membuat kamu menjadi jauh lebih hemat. Kamu bahkan bisa mendapatkan harga 50% lebih murah daripada harga sebelum keberangkatan.

Tidak hanya untuk tiket pesawat saja, tiket kereta juga lebih murah jika kamu pesan jauh-jauh hari. Jadi pastikan kamu pesan tiket minimal 1 bulan sebelum berangkat.

3. Booking Hotel yang Murah

Tidak hanya tiket saja yang harus kamu beli jauh-jauh hari, kamu juga harus booking hotel terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan Traveloka untuk booking hotel murah di Jogja.

Untuk kamu yang datang sendiri ke Jogja atau liburan ala backpacker bisa memilih hostel yang lebih murah. Selain lebih praktis, harganya juga relatif murah. Apalagi jika kamu booking jauh-jauh hari.

Pilihlah hotel yang sesuai dengan budget liburan kamu. Selain itu, pilih juga yang lokasinya strategis sehingga memudahkan perjalanan liburanmu selama di Jogja.

4. Bawa Barang Secukupnya Saja

Tips aman liburan ke Jogja yang selanjutnya adalah membawa barang secukupnya saja. Kebanyakan para pemula atau orang yang baru pertama liburan ke Jogja cenderung membawa banyak barang. Boleh saja membawa banyak barang, namun nantinya akan memberatkan diri kamu sendiri.

Kamu bisa membawa barang terutama pakaian ganti sesuai dengan durasi liburan. Jangan lupa untuk membawa 1 baju ekstra untuk berjaga-jaga, ya.

5. Kelompokkan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi

Di Jogja ada banyak pilihan tempat wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam, bahkan wisata kuliner. Nah, sebelum berangkat ke Jogja, sebaiknya daftar dulu semua tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Dari daftar yang sudah kamu buat itu, kelompokkan lagi sesuai dengan lokasi terdekatnya. Misalnya saja, tempat wisata di daerah Sleman. Kamu bisa mengelompokkannya menjadi satu. Dengan pengelompokan ini, kamu akan lebih mudah untuk mengatur jadwal liburan selama di Jogja.

Untuk mengelompokkan ini kamu harus melakukan riset atau mencari tahu terlebih dahulu tentang tempat wisata di Jogja. Kamu perlu mencari tahu lokasi dan rute untuk sampai ke tempat-tempat ini.

Baca juga: Destinasi Wisata Instagramable & Kekinian di Jogja

6. Buat Itinerary

Tips selanjutnya adalah membuat itinerary atau jadwal liburan ke Jogja. Itinerary merupakan jadwal perjalanan mulai dari keberangkatan sampai pulang. Dalam itinerary ini harus termuat informasi lengkap mengenai waktu dan tempat kunjungan setiap tempat wisata.

Jangan sepelakan membuat itinerary ya, karena ini bisa bermanfaat membuat liburanmu jadi lebih nyaman. Namun itinerary hanyalah rencana saja, sebab dalam pelaksanaannya terkadang ada perubahan waktu. Yang terpenting adalah itinerary ini bisa kamu jadikan sebagai acuan perjalanan selama liburan di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *